Sebagai langkah awal dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan cerdas sejak usia dini, Yayasan Islam Al-Hayaa menghadirkan pendidikan pada tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan pendekatan yang ramah anak, Islami, dan penuh kasih sayang. Pada jenjang ini, fokus utama kami adalah menanamkan nilai-nilai moral dan agama, mengasah keterampilan sosial, serta merangsang perkembangan kognitif, motorik, dan bahasa anak secara seimbang. Dengan dukungan tenaga pendidik yang profesional dan berpengalaman, kami menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui metode bermain sambil belajar, kegiatan pembiasaan ibadah, serta pengenalan literasi dan numerasi sederhana. Semua dirancang untuk membangun pondasi karakter dan kecintaan anak terhadap ilmu sejak dini, sehingga siap melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya dengan keyakinan diri dan akhlak yang terpuji.
Kegiatan pembelajaran khusus yang berfokus pada menghafal, memahami, dan mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an secara terstruktur dan berkelanjutan, dengan tujuan mencetak generasi muslim yang berakhlak mulia, berilmu, dan mencintai Al-Qur’an.
Kegiatan pembelajaran khusus yang berfokus pada menghafal, memahami, dan mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an secara terstruktur dan berkelanjutan, dengan tujuan mencetak generasi muslim yang berakhlak mulia, berilmu, dan mencintai Al-Qur’an.
Kegiatan pembelajaran yang bertujuan memperbaiki dan menyempurnakan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, sehingga santri mampu membaca Al-Qur’an dengan benar, fasih, dan indah.
Pembinaan akhlak yang menekankan pentingnya berbakti, menghormati, dan berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai wujud ketaatan kepada Allah ﷻ dan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Pembinaan akhlak yang menekankan pentingnya berbakti, menghormati, dan berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai wujud ketaatan kepada Allah ﷻ dan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Program pembelajaran dasar yang berfokus pada keterampilan membaca, menulis, dan berhitung, sebagai fondasi utama bagi anak dalam memasuki jenjang pendidikan berikutnya.
Kurikulum khusus yang dirancang untuk membimbing santri dalam menghafal Al-Qur’an secara bertahap, terstruktur, dan berkesinambungan, disertai dengan pemahaman tajwid serta adab dalam membaca Al-Qur’an
Program pembelajaran yang berfokus pada menghafal, memahami, dan mengamalkan 40 hadist pilihan setiap tahunnya secara bertahap, guna menanamkan akhlak mulia serta memperkuat pemahaman santri terhadap ajaran Rasulullah ﷺ.
Program pembelajaran yang menargetkan penguasaan 100 kosa kata bahasa Arab setiap tahun, dengan tujuan memperkaya perbendaharaan kata, melatih keterampilan berbahasa, serta memudahkan santri dalam memahami Al-Qur’an, hadist, dan literatur keislaman.
Program pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah tajwid, dimulai dari metode Iqro’ sebagai dasar, sehingga santri mampu melafalkan huruf, makhraj, dan bacaan Al-Qur’an secara fasih dan tartil.
Program pembelajaran yang membiasakan santri menghafal dan mengamalkan 20 do’a harian berdasarkan sunnah Rasulullah ﷺ setiap tahun, guna menanamkan adab Islami dalam kehidupan sehari-hari.
Program pembelajaran yang fokus menanamkan keyakinan tauhid yang benar, pemahaman fiqih dasar, pembiasaan akhlak mulia, serta teladan dari kisah para sahabat, untuk membentuk karakter santri yang beriman, berilmu, dan berakhlak Islami.
Program pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung yang menggunakan metode talaqi (tatap muka langsung dengan guru), sehingga santri mendapatkan bimbingan intensif, interaktif, dan terarah untuk membangun dasar akademik yang kuat sejak dini.
Model pembelajaran berbentuk lingkaran kecil antara guru dan santri, yang menekankan kedekatan, interaksi langsung, serta bimbingan intensif untuk memperdalam ilmu agama, khususnya dalam menghafal, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an maupun hadist.
Metode pembelajaran dengan cara santri membaca atau menyetorkan hafalan secara langsung di hadapan guru, lalu guru memperbaiki, membimbing, dan meluruskan bacaan atau hafalan tersebut sehingga terjaga ketepatan dan keaslian ilmunya.
Menjadi lembaga Islam unggul dalam pendidikan, sosial, dan dakwah untuk membangun SDM berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah, bermoral, cerdas, berdaya saing, berpikiran global, dan adaptif terhadap perkembangan zaman